Selasa, 24 November 2015

Onde-Onde

Nahhhhh inilah akhir dari 'trilogi' panganan khas daerah yang sebenarnya merupakan tugas prakarya dan kewirausahaan dari guru saya..... hehehehehe

Nyoba pake blockquote ah :p

Onde onde merupakan jajanan khas Indonesia yang berasal dari Mojokerto. Berbentuk bulat bulat dengan biji wijen, dengan isi kacang hijau. Jajanan ini favorit masyarakat Indonesia. Selain murah, pembuatannya pun mudah. Seiring dengan perkembangan zaman, onde onde beragam menjadi onde onde ketawa, onde onde pecah, onde onde ceplus, onde onde mini dan lainnya.

wihiii bisa wkwkwk by the way kali ini aku bakal buat 3 variasi rasa onde-onde yaitu rasa keju, coklat, dan kacang hijau yummy

Hmmm oke mari kita lanjut saja ke cara pembuatannya:

1. Siapkan bahan:

  • Bahan Kulit
    • 50 gram tepung terigu 
    • 100 gram tepung ketan putih 
    • 35 gram kentang kukus, haluskan 
    • 75 gram wijen (untuk pelapis) 
    • 1/4 sdt garam 
    • 35 gram gula pasir halus 
    • 75 ml air hangat 
  • Bahan Isi:
    • 75 gram kacang hijau kupas, direndam selama 1 jam 
    • Coklat 
    • Keju 
    • 1/4 sdt garam 
    • 50 gram gula pasir 
    • 75 ml santan dari 1/4 butir kelapa 
    • 1/2 sdm tepung terigu 
    • 1 lembar daun pandan, simpulkan
2. Langkah pertama buat Isi terlebih dahulu : Kukus kacang hijau selama 20 menit, angkat dan blender bersama santan. 

3. Tambahkan gula pasir, garam, daun pandan dan tepung terigu. Lalu masak dan diaduk sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
4. Ambil sedikit adonan bentuk menjadi bulat kecil-kecil. Lakukan sampai adonan habis. 

5. Potong keju menjadi bentuk kotak kotak kecil untuk menjadi isi.
6. Potong juga coklat menjadi kotak kotak kecil
7. Buat Kulit : Campur tepung terigu, tepung ketan putih, kentang, gula pasir halus dan garam. Aduk sampai rata.
8. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil dibentuk bulat bulat sampai tidak lengket ditangan.
9. Ambil sedikit adonan kulit, pipihkan dan beri isi. Lalu bentuk menjadi bulat. Celupkan ke dalam air dan gulingkan diatas wijen.
10. Panaskan minyak, goreng onde-onde dengan api kecil sambil diaduk-aduk berputar sampai mengembang. Lalu besarkan apinya menjadi sedang. Goreng Onde-onde mini sampai matang. 

11. Angkat dan sajikan.



Hmmm enak ya :3 selamat mencoba~

Sinom

Yap! Setelah postingan sebelumnya aku membahas Tahu Tek, kali ini aku bakal jelasin minuman pendampingnya nih! Sama-sama makanan-minuma tradisional, tapi tetep nggak kalah enak sama makanan-minuman yang sekarang mainstream abis di pasaran, yaituuu sinom!

Tau mggak sih, apa persamaan dari Tahu Tek dan Sinom? Mereka berdua ternyata sama-sama berasal dari Surabaya lho! Wah kaya sekali ya budaya kuliner dari Surabaya. Hmm sama seperti Tahu Tek, Sinom juga memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat, seperti kurkuminoid, desmetoksikumin, minyak atsiri, eugenin, dan masih banyak lagi! (banyak banget, serius, hehe)

Dan... Sinom sendiri punya sebuah filosofi lho! Jamu dengan rasa manis ini menggambarkan bahwa awal dan akhir dari sebuah siklus harus dijalankan secara seimbang. Apabila diawal kita dilahirkan secara fitrah, maka di akhir kita harus kembali seutuhnya dalam keadaan baik tanpa merepotkan siapapun. Wihh keren ya._.

Okesip, langsung saja kita ke cara pembuatan Sinom~~

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaituuuu:
  • Kunyit 
  • Cengkeh 
  • Kapulaga 
  • Asam Jawa 
  • Gula Pasir 
  • Air 
  • Es batu 
  • Kayu manis


2. Kupas bahan-bahan, lalu potong-potong kecil

3. Panaskan air

4. Masukkan bahan-bahan yang telah dipotong-potong tadi, juga gula

5. Tunggu hingga sekitar 30 menit

6. Saring sinom

7. Sajikan bersama es batu~~~




Hmmmmm es sinom juga enak lho jika disajikan dengan susu kental manis :3
Ohya sinom juga punya beberapa kelebihan lho, seperti:
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mengurangi nyeri saat haid
  • Melangsingkan tubuh
  • Mengatasi keputihan

Tahu Tek

Assalamu'alaikum~~~

Udah pada tau kan makanan khas dari Surabaya ini? Tahu Tek, selain harganya yang pas di kantong, juga memiliki kandungan yang cukup banyak lho! Mulai dari protein, karbohidrat, lemak, kalori, mineral, fosfor, dan masih banyak lagi.

Sebenernya pada tau nggak, kenapa kok makanan yang terdiri dari lontong, tahu, kecambah, kentang, telor, dan dilumuri bumbu kacang ini disebut dengan nama 'Tahu Tek'? Jadi penamaan(?) 'Tahu Tek' itu sendiri berasal dari cara pembuatannya yang nggak biasa, yaitu dengan memotong-motong bahan menggunakan gunting, sehingga berbunyi 'Tek! Tek! Tek!' seperti itu.

Nah terus, kalau mau buat Tahu Tek sendiri di rumah, apa aja sih bahan-bahannya? Cara buatnya gimana? Gampang!
1. Siapin bahan yang diperlukan, yaitu

  • Isi:
    • Tahu
    • Kentang
    • Telor
    • Lontong
    • Kecambah

  • Bumbu:
    • Kacang tanah
    • Cabe rawit
    • Petis
    • Air secukupnya
    • Garam
    • Gula
    • Kecap
  • Pelengkap:
    • Timun
    • Kerupuk
    • Bawang goreng

2. Goreng kerupuknya dulu~ lalu tiriskan, dan langsung dimasukkan ke dalam blek/tupperware agar tidak melempem(?)

3. Goreng kacang tanah agar saat diulek lebih empuk dan terasa renyah.

4. Goreng tahu, telor, dan kentang yang telah dipotong-potong~

5. Buat bumbunya. Siapkan cobek dan penguleknya, masukkan kacang tanah, garam, gula, kecap, cabe rawit sesuai selera, lalu diulek. Pelan-pelan masukkan air agar bumbu agak encer.

6. Rebus kecambah sebentar, agar kuman-kuman nya mati

7. Potong-potong tahu, telor, lontong, dan kentang diatas piring

8. Tambahkan kecambah diatasnya, kemudian lumuri dengan bumbu kacang

9. Tambahkan timun, kerupuk, dan bawang goreng]

10. Tahu tek siap disantap hmmm yummy~~

Red Bow Tie Red Bow Tie Red Bow Tie Pink Bow Tie